Press Release LKMO 2024

Building a Resilient Organizational Framework with LKMO 2024

Sabtu, 20 April 2024 sampai dengan Minggu, 21 April 2024 Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang telah melaksanakan kegiatan LKMO yang diadakan secara offline. LKMO adalah salah satu program kerja HMD Akuntansi FEB yang bertujuan melatih keterampilan manajemen organisasi yang bertempat di Aula D10 FEB UM dan Villa Syari’ah Nusantara yang beralamat di Jl. Argobimo No.29, Krajan, Ketindan, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211. Pada kegiatan LKMO ini dilaksanakan 2 hari dengan mengusung tema “The Value of Consistency: Maintaining a Strong Foaundation in Leadership”. Kegiatan LKMO (Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi) bertujuan menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri setiap peserta dan merekatkan keorganisasian dalam bidang kekeluargaan, kebersamaan, rasa saling percaya, dan kekompakan dalam bekerja sebagai kesatuan. Dimana hal ini sesuai dengan makna tema yaitu menjadi seorang pemimpin yang memiliki jiwa fondasi kuat dalam membangun kreativitas, inovasi tak terbatas dan menjaga integritas untuk mencapai visi/misi HMD Akuntansi FEB UM 2024.

Konsep dari kegiatan LKMO adalah memberikan bekal dasar keterampilan, kepemimpinan, dan pengalaman dalam berorganisasi. Tidak hanya itu, kita sebagai mahasiswa dituntut harus berfikir secara kritis dan siap mengimplementasikan arti dari kepemimpinan. Kepanitiaan dari kegiatan ini sendiri tersusun atas Pengurus Harian Umum, Ketua Pelaksana, Sekretaris Pelaksana, Bendahara Pelaksana, Sie Acara, Sie Humas, Sie Kestari, Sie PDD, Sie Kesehatan, dan Sie Logistik. Kegiatan ini telah dipersiapkan selama 5 minggu oleh kepanitian LKMO 2024. LKMO 2024 dihadiri oleh seluruh pengurus HMD Akuntansi periode tahun 2024 dan beberapa tamu undangan diantaranya Pembina HMD Akuntansi, Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF) Ekonomi dan Bisnis, serta Demisioner Pengurus Organisasi (DPO) yang merupakan alumni dari HMD Akuntansi. Selama kegiatan LKMO ini, akan diadakan serangkaian kegiatan mulai dari berbagai acara, diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Salma Haya Nabilah selaku Master of Ceremony. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Negeri Malang. Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan-sambutan yang dilakukan oleh Anzan Rahaginata selaku Ketua Pelaksana LKMO 2024 dan Muhammad Ifan Ali Mustofa selaku Ketua Umum HMD Akuntansi periode 2024.

Kegiatan LKMO HMD Akuntansi 2024 diawali dengan pemaparan materi dari Tatas Ridho Nugroho, S.Pd., M.Pd., M.Ak sebagai pemateri 1 yang membahas Kreatif, Konsisten, Kuat: Kunci Sukses Kepemimpinan dan Margareta Susani, S.E sebagai pemateri 2. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kegiatan Pelatihan Pengurus Harian (PPH), permainan, dan masih banyak lagi. Dari penyampaian materi ini terdapat SDGs yang bertujuan pembangunan berkelanjutan terkait dengan kepemimpinan. Dimana membangun sebuah organisasi yang adil bagi semua, efektif dalam kegiatan, dengan tata kelola yang baik. Dari penyampain materi PPH sendiri memiliki tujuan keberlanjutan untuk kebaikan kedepannya dalam perjalanan organisasi untuk setiap proker dan dalam organisasi bisa menjalankan secara maksimal, profesional. Materi yang dibahas pada kegiatan LKMO ini berhubungan dengan tema dari kegiatan LKMO ini yang bersinggungan dengan Kepemimpinan dalam berorganisasi. Harapan dari kegiatan LKMO ini adalah dapat menghasilkan seorang pemimpin yang mampu membangun karakter dengan integritas tinggi untuk mencapai visi dan tujuan dari HMD Akuntansi FEB UM.

Penulis:

Ela Siti Nurkasanah

Penyunting:

Anggi Siti Patimah

Ahmada Rahman H

Amal Izmatul Iza

Salma Haya N

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Press Release Meet Plan 2024