Press Release Visit Accounting 2023

Press Release Visit Accounting 2023

[Malang, 30 Desember 2023] – Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang menggelar kegiatan Visit Accounting 2023 ke Solo dan Yogyakarta pada tanggal 19-20 Desember 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Open Up New Insight with Different Experiences and Ideas for a Bright Future“. Kegiatan ini diikuti oleh 44 mahasiswa dari HMD Akuntansi FEB UM. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman baru dan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa akuntansi dalam bidang akuntansi.

Pada hari pertama, peserta mengunjungi HMPSA Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Kegiatan diawali pembukaan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dan Mars Universitas Negeri Malang. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan – sambutan oleh Tri Wahyu Ningsih selaku ketua pelaksana kegiatan dari HMPSA Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Nabiel Apri Reyhan selaku ketua pelaksana kegiatan dari HMD Akuntansi FEB UM, Muhammad Yafie Zenas Asy’ari selaku Ketua Umum HMD Akuntansi FEB UM, dan Reva Evia Noraida selaku Ketua Umum HMPSA Universitas Slamet Riyadi Surakarta sekaligus melakukan pembukaan acara. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti.

Dalam kesempatan ini, peserta melakukan kegiatan sharing session program kerja dan agenda antara HMD Akuntansi FEB UM dengan HMPSA Universitas Slamet Riyadi. Kemudian dilanjutkan dengan Discussion of Department (DOD) dan tanya jawab yang dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan departemen yang ada dalam masing – masing himpunan. Kegiatan diakhiri dengan melakukan games dan dokumentasi.

Setelah itu, peserta melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta untuk mengunjungi Bakpia Juwara Satoe. Di sana, peserta mengikuti cooking class membuat bakpia dimana untuk bahan dan peralatan sudah disediakan oleh perusahaan. Peserta diajari cara memipihkan adonan bakpia, memberi isian ke dalam adonan bakpia, dan mencetaknya agar berbentuk seperti bakpia pada umumnya. Kegiatan diakhiri dengan dokumentasi bersama dan berbelanja oleh – oleh bakpia.

Pada hari kedua, peserta mengunjungi Gareng T-Shirt Jogja untuk membeli oleh-oleh kaos. Di Gareng T-Shirt Jogja tersedia berbagai jenis kaos khas Yogyakarta, selain kaos ada juga outer batik dan pernak – pernik khas Jogja lainnya. Setelah itu, peserta mengunjungi Museum Sonobudoyo. Di sana, peserta melihat dan mempelajari berbagai koleksi khas Jawa, mulai dari koleksi wayang, koleksi keris, perbatikan khas Jawa yang masih dibuat dengan cara mencanting, dan koleksi seni rupa lainnya. Selain itu peserta juga mendapatkan ilmu pengetahuan baru seperti sejarah dari koleksi yang ada dari tour guide Museum Sonobudoyo. Setelah melakukan kunjungan ke Museum Sonobudoyo peserta berkesempatan untuk melakukan free time di Malioboro. Peserta dibebaskan untuk mengeksplorasi Malioboro dan membeli oleh – oleh dengan batasan waktu yang telah ditentukan.

Kegiatan Visit Accounting 2023 ini selaras dengan goals ke-4 dan ke-8 dalam SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu Kualitas Pendidikan dan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Keselarasan ini dapat dilihat dari kegiatan Visit Accounting 2023 yang dapat memberikan pengalaman dan wawasan baru yang lebih luas kepada para peserta Visit Accounting. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini peserta dapat lebih memahami dunia kerja dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, serta dapat melihat peluang untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post PENGUMUMAN LOLOS AWARDING ACCOUNTING GOT TALENT 2023
Next post DAFTAR PESERTA LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI PENGURUS HMD AKUNTANSI FEB UM 2024