Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional 2016

Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional 2016

Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional (National Accounting Olympiad) 2016  atau bisa disingkat OA 2016 merupakan olimpiade akuntansi skala nasional di tingkat SMA/SMK/sederajat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan mengusung tema “Discover your Accounting Passion, Design your Bright Future”. Acara ini merupakan program tahunan HMJ Akuntansi FE UM. Perlombaan dilaksanakan dalam dua kategori yaitu SMA/sederajat dan SMK/sederajat yang memperebutkan total hadiah Rp 18.000.000. Olimpiade ini diikuti oleh 180 tim yang berasal dari SMA dan SMK seluruh Indonesia, yang mana setiap tim diikuti oleh 2 orang dari satu sekolah. OA 2016 ini diselenggarakan dalam tiga tahap yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan di 12 regional pada tanggal 9 Oktober 2016, tetapi karena ada beberapa regional yang pesertanya tidak memenuhi kuota, panitia hanya membuka 4 regional yaitu Malang, Kediri, Banyuwangi, dan Madiun. Babak semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2016 di gedung E3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Para peserta memperebutkan kedudukan juara, uang tunai, piala juga yang sangat spesial yaitu piala bergilir dari rektor Universitas Negeri Malang. Adapun dewan juri dari olimpiade ini berasal dari dosen akuntansi FE UM yaitu Ibu Diana Tien, Ibu Setya Ayu Rahmawati, serta Ibu Kholilah.

Babak penyisihan dimulai pukul 07.00 WIB pada seluruh region terselenggaranya acara, peserta datang untuk registrasi, pembagian olimpiade kit, serta konsumsi. Kemudian peserta masuk kelas untuk mengerjakan soal multiple choice pada pukul 09.15-10.15. Dalam satu ruang kelas diisi oleh 10 tim terbagi dalam kategori SMA dan SMK. Pukul 10.15 WIB peserta keluar kelas untuk ISHOMA kemudian dilanjutkan pengumuman hasil peserta yang lolos babak penyisihan pada pukul 12.00 WIB, peserta yang lolos kemudian mengikuti technical meeting untuk babak semifinal pada pukul 13.00 WIB. Peserta yang lolos ke babak semifinal diambil 10% dari jumlah peserta tiap regional jika peserta lebih dari 30 tim, jika peserta kurang dari 30 tim diambil 3 tim dengan nilai terbaik.

Babak semifinal dilaksanakan terpusat di Malang yaitu Aula gedung E3 Fakultas Ekonomi Negeri Malang. Babak semifinal dimulai pada pukul 06.30 WIB untuk presensi peserta. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh saudari Irma Dwi Wijayanti, sambutan pertama oleh ketua pelaksana OA 2016 yakni saudara Jordian Seloja Putra, sambutan kedua oleh ketua himpunan yang diwakili oleh bendahara umum HMJ Akuntansi yakni saudari Bhasma Dwi Putri, dan pembukaan acara oleh Bapak Dudung Ma’ruf Nuris selaku pembina HMJ Akuntansi, serta pembacaan doa yang dipimpin oleh sudara Pebri Ardianto. Acara dilanjutkan dengan technical meeting babak semifinal sampai pukul 09.45 WIB. Pengerjaan soal babak semifinal pertama yakni accounting cycle pada ruang kelas gedung D5 FE UM sampai pukul 11.45 WIB dilanjutkan dengan ISHOMA kemudian dilanjutkan dengan babak semifinal kedua yakni puzzle case sampai pukul 14.30 WIB. Sambil menunggu pengumuman peserta yang lolos ke babak final acara diisi dengan penampilan grup musik dari jurusan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra UM. Pengumuman peserta yang lolos ke babak final dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB kemudian langsung dilanjutkan dengan technical meeting babak final.

Babak final juga dilaksanakan terpusat di Malang yakni Aula gedung E3 FE Universitas Negeri Malang yang dimulai pada pukul 06.30 WIB untuk presensi dan persiapan peserta, dilanjutkan dengan pembukaan babak final dan pembacaan peraturan babak final. Acara dilanjutkan dengan sesi I babak final yakni presentasi oleh masing-masing peserta. Sesi II babak final ini dinamakan dengan single match, single match ini merupakan konsep baru yang belum pernah dilaksanakan pada olimpiade akuntansi FE UM sebelumnya, teknis dari single match ini disajikan soal bertingkat dimana setiap soal memiliki bobot yang berbeda-beda, apabila benar dalam menjawab soal pertama maka akan bisa melanjutkan pada soal selanjutnya, begitu seterusnya.  Acara dilanjutkan ISHOMA, kemudian lanjut ke babak final sesi III yakni cepat tepat yang mana tim yang memencet bel lebih cepat dan jawabannya benar maka skornya akan bertambah, tetapi apabila jawaban salah maka akan ada pengurangan skor. Sesi III selesai pada pukul 15.00 WIB dilanjutkan dengan sholat ashar kemudian pengumuman pemenang lomba. Pemenang mendapatkan uang tunai, piala juara, sertifikat, merchandise dan khusus juara I dari setiap kategori akan mendapatkan piala bergiilir Olimpiade Akuntansi. Pemenang lomba dari Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional 2016 yakni sebagai berikut :

 

Kategori SMA

 

TIM

 

NAMA PESERTA

 

ASAL SEKOLAH

 

TOTAL

1 Putu Metta Buddhiyastini, Ni Made Sri Meliandari SMAN 4 Denpasar 1561
2 Nisrina Rafian, Nadiah Rima Armidha SMAN 10 Samarinda 1490
3 Ricky Suhartono, Amelia Wiranata Dayan SMA Kristen Petra 5 Surabaya 1147
4 I Putu Laksmana Narayana, Ni Putu Ayu Liony Krishna Devi SMAN 4 Denpasar 1048
5 Dimas Prayogo, Moza Aurora Yanuanda SMAN 10 Samarinda 692

 

Kategori SMK

 

TIM

 

NAMA PESERTA

 

ASAL SEKOLAH

 

TOTAL

1 Andy Dwiki Iranda, Febriyani Sarwindah SMKN 2 Pacitan 1309
2 Enyk Sholikah Puspitasari, Vera Tria Agustina SMKN 1 Pogalan, Trenggalek 1307
3 Mifta Hurrohmah, Fatma Wulan Safitri SMKN Darul Ulum Muncar 627
4 Lingga Yassafiq, Moh. Fajar SMKN Kalibaru 588
5 Eka Pratiwi, Chotimatul Hamidah SMK Islam Batu 455

 

Tim dengan total nilai tertinggi mendapatkan Juara I untuk setiap kategorinya. Selanjutnya mendapatkan Juara II, Juara III, Harapan I, dan Harapan II sesuai dengan urutan total nilai dari tertinggi hingga kerendah.LTB – JuzsportsShops | 25 Grunge Outfits to Copy in 2020! – Fashion Inspiration and Discovery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post TEMU MABA 2016
Next post OPEN RECRUITMENT